Walaupun Asam Lemon Ini Banyak Manfaatnya


BUAH berwarna kuning yang bercita rasa manis keasam-asaman sangat cocok jika dijadikan minuman dikala cuaca panas. Kandungan dalam buah lemon terdiri dari 5% asam sitra dan juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kekebalan system imun dalam tubuh.
Tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi dalam buah lemon juga terkandung beberapa nutrisi seperti riboflavin, vitamin B, mineral, magnesium, kalsium, fosfor, protein dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah lemon tidak hanya dijadikan minuman tapi sering dijadikan sebagai penguat cita rasa makanan, seperti cake, biscuit, ikan daging atau hanya sebagai desert.
1. Menjaga saluran pencernaan
Mengkomsumsi lemon bisa menyembuhkan sembelit. Dengan mencampurkan perasan buah lemon dengan air panas dapat berkhasiat sebagai penghiang mulas, mual dan parasit.

Buah lemon bermanfaat sebagai pemurni dan pembersih darah, dengan rutin mengkomsumsi jus lemon bermanfaat sebagai tonik hati dalam mencerna makanan dengan membantu organ hati agar memproduksi empedu lebih banyak.
2. Sebagai perawatan kulit
Kandungan vitamin C pada buah lemon berfungsi sebagai obat anti-penuan, menyamarkan kerutan dan komedo.
Lemon juga bermanfaat sebagai obat antiseptic alami yang berperan sebagai penyembuhan masalan pada kulit. jika anda mempunyai bekas luka, dengan menempelkan buah lemon pada luka secara rutin dapat memudarkan bekas luka.

3. Sebagai perawata gigi
Buah lemon bermanfaat juga sebagai peredam rasa sakit pada gigi dengan cara menempelkan potongan segar buah lemon atau dengan dibuat perasan, lalu kukmur-kumur. Selain itu juga bisa menghentikan gusi berdarah, bau mulut dan masalah mulut lainnya.

4. Mengobati radang tenggorokan
Perasan air buah lemon berkhasiat membantu mengatasi infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan, tonsillitis akibat bakteri. Caranya berkumur-kumur dengan setengah gelas air lemon secara rutin.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Perasaan air jeruk lemon bekerja ibarat ramuan ajaib, terutama bagi orang-orang yang mempunyai masalah jantung. Diet tinggi kalium dipercaya mampu megurangi rasapusng, tekanan darah tinggi, stress mental, depresi dan membantu relaksasi pikiran.

6. Menurunkan obesitas
Dengan rutin meminum air perasan jeruk lemon dengan campuran air hangat dan madu, dipercaya dapat berkmanfaat menurunkan berat badan lebih cepat. Tentunya dengan diimbangi dengan pola makan dan olah raga yang cukup.

Jika bobot badan anda 70 kg disarankan memeras ½ buah lemon yang disajikan dalam satu gelas air, lakukan sehari dua kali.Dan jika bobot anda lebih dari 70 kg peras 1 buah lemon utuh dengan segelas air, lakukan sehari dua kali secara rutin.
7. Mengobati asma
Dengan rutin mengkonsumsi jus lemon diyakini mampu menyembuhkan masalah pernafasan seperti asma.

8. Mengobati rematik
Sifat diuretic yang dimiliki buah lemon, mampu mengobati rematik dan juga radang sendi. Dengan cara mengeluarkan bakteri serta racun dari dalam tubuh.

9. Meredakan demam
Jus buah lemon lemon bermanfaat mengobati demam atau flu. Dengan meningkatkan produksi keringat pada penderita demam dengan keluarnya keringat akan meredakan demam.

10. Pembersih darah
Penyakit-penyakit seperti kolera maupun malaria sebenarnya dapat diobati dengan air lemon karena air lemon bersifat sebagai pembersih darah.