Mertua, saudara, tetangga, teman awalnya ngga yakin Daihatsu charade XG G10 1982 saya bisa nyampe ke jawa.. bisa balik lagi. Tanpa masalah berarti lagi . Setelah melahap tanjakan-turunan cijapati, ciamis-cikijing, talaga-batarujeg-wado… maka nagrek dan gentong mah kecil .
Sungguh puas rasanya pakai sibiru ini, walau belinya kemahalan dikit tapi performanya memuaskan. CAPEX (biaya pengadaan) murah, hanya 9,75 jt . Lebih mahal harga motor . OPEX-nya (biaya perawatan) pun seperti opex-nya motor. Jadi puasnya karena perbandingan CAPEX-OPEX nya. Kalau mobil baru jelas lebih memuaskan. Tapi CAPEX-nya kan puas.. puas.. puas.. (tukul mode on). Berikut CAPEX dan OPEX nya :
CAPEX = 9,75 jt
OPEX =
- Penggantian seal2 : Rp 342 rb
seal-seal berikut :
1. Seal noken as ( merek Koyo made in japan)
2. Seal as roda ( merek Koyo made in japan)
3. Timing belt (original daihatsu made in japan)
4. seal tutup timing belt (original daihatsu made in japan)
5. seal tutup klep (original daihatsu made in japan)
6. tutup inlet oli.
- Perbaikan radiator = 215 rb
1. Kuras dan las 80 rb
2. Tutup radiator 25 rb
3. selang radiator atas dan bawah 40 rb
4. Ganti batang dan las bagian atas 70 rb
- Ganti oli = Rp 114 rb
- Ganti ban 2 ban depan + balancing = Rp 640 rb
- Ganti kampas kopling + rumah matahari = Rp 700 rb
- Ganti tie-rod + spooring = 105 rb + 135 rb = 240 rb
- Ganti Master rem + kampas rem = 123 rb
- Perbaikan knalpot = 130 rb
- Perbaikan lampu Rp 28 rb
- Ganti spion Rp 60 rb
- Penggantian seal2 : Rp 342 rb
seal-seal berikut :
1. Seal noken as ( merek Koyo made in japan)
2. Seal as roda ( merek Koyo made in japan)
3. Timing belt (original daihatsu made in japan)
4. seal tutup timing belt (original daihatsu made in japan)
5. seal tutup klep (original daihatsu made in japan)
6. tutup inlet oli.
- Perbaikan radiator = 215 rb
1. Kuras dan las 80 rb
2. Tutup radiator 25 rb
3. selang radiator atas dan bawah 40 rb
4. Ganti batang dan las bagian atas 70 rb
- Ganti oli = Rp 114 rb
- Ganti ban 2 ban depan + balancing = Rp 640 rb
- Ganti kampas kopling + rumah matahari = Rp 700 rb
- Ganti tie-rod + spooring = 105 rb + 135 rb = 240 rb
- Ganti Master rem + kampas rem = 123 rb
- Perbaikan knalpot = 130 rb
- Perbaikan lampu Rp 28 rb
- Ganti spion Rp 60 rb
wuih OPEX selama 21 bulan adalah 2 jt 462 rb. Sebenarnya ini bukan OPEX, sebagian adalah perbaikan kerusakan warisan pemilik sebelumnya . Karen saya nubie jadi ngga tahu mobil yg saya beli sebenarnya mobil rusak . Warisan kerusakan adalah :
- Penggantian seal2 : Rp 342 rb
- Perbaikan radiator = 215 rb
- Ganti ban 2 ban depan + balancing = Rp 640 rb
- Ganti Master rem + kampas rem = 123 rb
- Perbaikan knalpot = 130 rb
- Perbaikan lampu Rp 28 rb
- Ganti spion Rp 60 rb
- Perbaikan radiator = 215 rb
- Ganti ban 2 ban depan + balancing = Rp 640 rb
- Ganti Master rem + kampas rem = 123 rb
- Perbaikan knalpot = 130 rb
- Perbaikan lampu Rp 28 rb
- Ganti spion Rp 60 rb
Total 1 jt 450 rb
Jadi yang benar2 OPEX adalah 1 jt 12 rb.
Jadi yang benar2 OPEX adalah 1 jt 12 rb.
Tentu saja perbaikan tidak dilakukan secara sekaligus, bertahap.. nyicil. Hasilnya pun mobil kuat dan sehat. Perbaikan selanjutnya adalah pengelasan dan pengecatan sasis-body. Diperkirakan sekitar 3-4 jt.
Sebenarnya niat beli mobil jadul itu buat nyari pengalaman. Pengalaman perbaikan :p, pengalaman mengenali mobil sehat atau sakit :p, pengalaman nabrak garasi :p, pengalaman nyetir jauh dan medan sulit . Yang penting biar tua masih kuat .