Setiap kali pemanasan mesin mencapai sekitar 8-10 menit, jarum indikator panas mesin berada di tengah-tengah dan fan radiator mulai berputar. Selanjutnya saat mobil melaju, jarum indikator panas mesin terus berada di tengah-tengah.
Pertanyaannya : “Sudah benarkah kerja radiator Charade?”
Membaca kitab ijo “”Daihatsu Type CB Engine” hal 8-4 didapat :
Thermostat akan bekerja menghidupkan fan saat suhu mesin mencapai 98 +- 0,5 derajat celsius. Thermostat akan terus menghidupkan fan hingga suhu mesin mencapai 87 +- 2 derajat celsius.
Ini berarti :
- Suhu optimum dari mesin adalah 87 – 98 derajat celsius.
- Jika thermostat masih bekerja pada suhu 87 – 98 derajat celsius, berarti jarum indikator yang ditengah-tengah menunjukan nilai suhu 87 – 98 derajat celsius.
- Suhu optimum dari mesin adalah 87 – 98 derajat celsius.
- Jika thermostat masih bekerja pada suhu 87 – 98 derajat celsius, berarti jarum indikator yang ditengah-tengah menunjukan nilai suhu 87 – 98 derajat celsius.
Jadi yang perlu dipastikan adalah, apakah thermostat masih bekerja pada suhu 87 – 98 derajat celsius? Yah itu kerjaan besok-besok, melakukan pengukuran suhu mesin saat fan mulai aktif dan mulai mati