Kapal kargo adalah kapal paling besar dan paling berat yang mengarungi lautan. Ukuran mereka bisa hingga 1.200 meter panjangnya dan dapat mengangkut puluhan bahkan ratusan peti kemas dalam satu perjalanan. Untuk mendorong kapal raksasa ini memerlukan sejumlah besar energi yang berasal dari mesin diesel raksasa. Beberapa kapal kargo besar memiliki mesin yang terlihat seperti ini.
Ini adalah RT-flex96C - mesin diesel turbocharged dua stroke yang dirancang oleh pabrik Wärtsilä Finlandia dan saat ini merupakan mesin diesel terbesar dan paling kuat di dunia. Dengan ukuran tinggi 13,5 meter dan panjang 26.59 meter, hampir sebesar sebuah apartemen kecil. Beratnya lebih dari 2.300 ton dan mesin terbesarnya versi 14-silinder menghasilkan tenaga 80.080 kW.
Versi 14-silinder sudah digunakan pada bulan September 2006 di kapal Maersk Emma, sebuah kapal kontainer yang terbesar pada saat itu.
Desainnya mengacu pada mesin RTA96C yang lebih tua, tetapi semua teknologinya sudah diubah hingga menghasilkan kinerja yang lebih baik pada putaran rendah per menit (rpm), konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, dan emisi berbahaya yang lebih rendah.
Salah satu kehandalan yang luar biasa dari raksasa ini adalah efisiensi termal yang tinggi, yang melebihi 50%. Ini berarti bahwa 50% dari panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar diubah menjadi listrik. Sebagai perbandingan, mesin pesawat yang paling otomotif dan kecil hanya bisa mencapai efisiensi termal 25-30%. Bahkan pada pengaturan daya yang paling efisien, mesin sebesar 14 silinder bisa mengkonsumsi 1.660 galon bahan bakar minyak per jam.
Spesifikasi mesin:
Bore: 960 mm Stroke: 2,500 mm
Displacement: 1,820 liters per cylinder
Mean piston speed: 8.5 meters per second
Engine speed: 22–102 RPM
Torque: 7,603,850 newton metres (5,608,310 lbf·ft) @ 102 rpm
Power: up to 5,720 kW per cylinder, 34,320–80,080 kW (46,680–108,920 BHP) total
Mass of fuel injected per cylinder per cycle: ~160 g (about 6.5 ounces) @ full load
Crankshaft weight: 300 tons