Mengapa Margaret Thatcher Dijuluki ‘Wanita Tangan Besi’?


margaret-thatcher-600-040813
MANTAN Perdana Menteri Inggris, Margaret Hilda Thatcher, baru saja kemarin meninggal dunia. Sewaktu memimpin Inggris, Thatcher terkenal dengan julukan “Si Wanita Besi” atau “Iron Lady”. Mengapa ia dijuluki demikian?
Julukan ini tak lepas dari gaya Thatcher sendiri, baik dalam memimpin Partai Konservatif maupun menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris 1979-1990.
Awalnya wartawan militer asal Uni Soviet, Kapten Yuri Gavrilov yang menamainya demikian. Saat itu, Thatcher memang tengah konsisten menentang Uni Soviet dan komunisme. Julukan ini kali pertama muncul di harian 24 Januari 1976 Red Star pada 1976.
Lima hari sebelumnya, Thatcher berpidato dengan “Britain Awake” di Kensington Town Hall, London. Pada pidato tersebut, Thatcher mengkritik dominasi militer Soviet, yang menghabiskan anggaran 20 persen lebih besar dari AS setiap tahun untuk penelitian dan pengembangan militer dipandang telah mengancam Inggris.
“Mereka tahu bahwa mereka adalah negara super power dalam satu aspek saja, yaitu aspek militer. (Namun), mereka adalah sebuah kegagalan dalam terminologi kemanusiaan dan ekonomi,” ketus Thatcher. [sa/islampos/wiki-answer]