Cara Terbaik Mendidik Buah Hati Mencintai Perayaan Islam



Mendidik buah hati pada era globalisasi sekarang dan kemajuan teknologi yang sangat pesat sering menjadikan kita sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan semua hal yang dilakukan sang buah hati. Sering kita tidak mengetahui apa saja yang kita tonton pada siaran TV, situs internet Youtube atau kaset DVD.

Sekarang, sang buah hati lebih senang dan lebih mengenal perayaan umat lain seperti perayaan natal yang dirayakan dengan hiasan pohon cemara, sinterklas, kereta yang diiringi rusa atau perayaan pasca dan hallowen. Namun, tidak begitu perduli dengan perayaan hari besar umat islam beserta kisah yang terjadi dalam ajaran umat islam.

Salah satu perayaan yang mulai dilupakan adalah peristiwa Isra' Mi'raj yang begitu luar biasa. Sudahkah kita menceritakan kisah kepada buah hati tentang peristiwa bersejarah ini? Saat kita menjelaskan kepada san buah hati, kita bisa sekaligus menjelaskan betapa pentingnya kedudukan ibadah shalat pada buah hati agar puta putri kita lebih dapat memaknai ibadah shalat.

Ada beberapa hal yang perlu kita pastikan sebelum mengisahkan peristiwa Isra' mi'raj pada putra-putri kita:

1. Haruslah kita sebagai orang tua telah menguasai secara menyeluruh  kisah peristiwa perjalanan Rasulullah dari masjidil haram ke masjidil aqsa, serta dari masjidil aqsa ke langit ketujuh. Sehingga kisah ini akan membekas dalam ingatan anak.

Ketahuilah berapa lama seharusnya jarak tempuh dari masjidil haram ke Palestina, berapa lama seharusnya jarak tempuh untuk mencapai luar angkasa hingga langit ketujuh, hal ini bisa membuat anak-anak tertarik dan penasaran. Bagaimana mungkin perjalanan darat berpuluh hari bisa ditempuh hanya dalam hitungan detik?

Dan berikan serta pelajari benar-benar peristiwa yang terjadi pada Rasulullah selama Isra' mi'raj dan hal yang paling penting yaitu, Apa sebenarnya tujuan utama perjalanan tersebut.

2. Berikan Pelengkap Visualisasi Terbaik
Mengapa anak-anak mudah menangkap kisah natal ataupun perayaan umat agama lain yang sering ada di film kartun? Karena kisahnya disajikan secara menarik, dengan visualisasi yang membuat anak-anak mudah membayangkan dan mengingatnya.

Maka, saat kita bercerita tentang perjalanan Isra mi'raj akan lebih menarik jika dilengkapi dengan globe atau peta yang memperlihatkan jarak masjidil haram dan masjidil aqsa. Anda juga bisa menyertakan foto kedua masjid agung tersebut.

Sehingga anak-anak bisa membayangkan serta merindukan ingin menginjakkan kaki mereka di kedua masjid agung tersebut suatu hari nanti. Sertakan juga foto atau video luar angkasa, bintang-gemintang, galaksi, sehingga visualisasi perjalanan mi'raj Rasulullah ke langit ketujuh bisa terbayangkan betapa luar biasanya. Dan siapkan juga ayat Al Quran mengenai perjalanan luar biasa ini.

3. Sajikan Cerita Dengan Intonasi dan Interaktif Menarik
Intonasi dan interaktif adalah 2 hal yang sangat penting ketik bercerita pada anak. Seperti film Dora The Explorer yang selalu bertanya pendapat anak, kita juga bisa menyampaikan kisah perjalanan Isra' mi'raj dengan interaksi 2 arah agar lebih menarik.

4. Jangan Lupa Untuk Tetap Menekankan Inti Cerita
Kita juga bisa memberikan kisah Isra' mi'raj dengan menekankan kesimpulan betapa pentingnya melaksanakan ibadah shalat adalah sesuatu yang amat penting bagi Umat Islam. Bahkan Allah memanggil langsung Rasulullah untuk menghadapNya.

Para orang tua yang mencintai sang buah hati, untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Rasulullah serta ibadah shalat dan lainnya sangat baik diberikan sejak buah hati kecil. Salah satunya adalah dengan mengisahkan peristiwa isra' mi'raj 14 abad yang lalu.

Semoga Allah melimpahkan keluarga kita dengan kecintaan terhadap Rasul dan perintahNya. Amin.