Hal-hal Sederhana yang Bisa Mengirit Tagihan Listrik Anda!


Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari penggunaan listrik. Hampir semua peralatan rumah tangga dan kebutuhan bisnis mengandalkan listrik. Tingginya kebutuhan listrik ini menjadikan harga listrik dari hari ke hari semakin tinggi.

Tingginya tarif listrik ini tentu akan sangat mengganggu cashflow kita sehari-hari. Oleh karenanya, ada beberapa cara untuk bisa tetap menghemat tagihan listrik tanpa meninggalkan fungsi peralatan listrik yang ada di rumah Anda.

>>Matikan daya peralatan elektronik Anda sepenuhnya
Peralatan elektronik seperti tv, komputer, dan vcd memiliki fitur standby untuk memudahkan penyalaan ulang. Namun, fitur ini sebetulnya menyedot daya listrik cukup besar hingga 80%. Oleh karenanya, sebaiknya matikan sepenuhnya peralatan elektronik Anda tanpa membuatnya tetap standby.


>>Jangan turunkan suhu AC ketika Anda baru menyalakannya
AC merupakan peralatan elektronik yang paling tinggi konsumsi listriknya. Penurunan daya AC akan menyebabkan konsumsi listrik sebesar 6%. Jika Anda menurunkan suhunya secara drastis, konsumsi listrik yang ditimbulkan bisa lebih berlipat. Oleh karenanya, biarkan AC di ruangan Anda berada pada suhu stabil terlebih dahulu selama 1 jam, baru turunkan suhunya secara bertahap.

>>Jangan menggantung charger HP di colokan listrik
Mencharge handphone merupakan aktivitas yang tak terhindarkan yang selalu kita lakukan setiap hari. Walau memakan daya listrik cukup rendah, tahukah Anda bahwa charger handphone yang menggantung di colokan listrik akan tetap mengkonsumsi listrik?oleh karenanya, copotlah charger handphone dari colokan listrik ketika Anda tidak menggunakannya.


Nah, mudah-mudahan kita bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas. Menghemat konsumsi listrik tidak hanya menguntungkan bagi kita selaku konsumen, namun juga menjaga kesinambungan suplai listrik dalam jangka panjang.