Ini Ciri Keuangan Keluarga yang Sehat!


Mengelola keuangan keluarga di kondisi ekonomi sekarang ini memang bukan hal sederhana. Penghasilan rata-rata keluarga di Indonesia saat ini disinyalir belum memenuhi standar kesejahteraan keluarga. Tingginya biaya kebutuhan dasar, rendahnya kemampuan berinvestasi, serta upah minimum yang rendah membuat banyak keluarga Indonesia belum memenuhi standar kehidupan yang layak.

Namun, di balik kesulitan tentu selalu ada kemudahan. Di tengah kondisi sulit, Anda tentu harus bisa mengambil hikmah dan bertekad untuk selalu meningkatkan kesejahteraaan keluarga Anda. Ada beberapa tips dan kriteria yang mungkin bisa Anda penuhi agar keuangan keluarga tetap sehat dan sejahtera.



  1. Minim kredit konsumtif
Tidak dapat dipungkiri, rata-rata keluarga Indonesia memiliki cicilan kredit konsumtif. Banyaknya penawaran menarik serta kemampuan kepemilikan aset yang rendah membuat masyarakat memilih untuk memanfaatkan fasilitas kredit konsumtif untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. Terlepas dari ada atau tidaknya kredit ini, ada baiknya Anda meminimalisir jenis kredit seperti ini. Kalau memang hal tersebut urgent, pastikan masa cicilan kredit Anda tidak berdurasi lama.
  1. Memiliki tabungan darurat
Hal-hal mendesak seperti kebutuhan  ke dokter, piutang kepada keluarga, atau keperluan mendadak ke luar kota tentu membutuhkan dana yang tak sedikit. Ada baiknya jika Anda memiliki kelebihan dana di luar gaji yang bersumber dari bonus, THR, atau proyek, sisihkan beberapa persen dalam slot tabungan darurat Anda.
  1. Tabungan hari tua dan asuransi
Bagi Anda para pekerja, hal-hal seperti jaminan pensiun dan asuransi menjadi hal yang utama. Oleh karenanya, pastikan Anda memperoleh hak dari dana pensiun dan asuransi ini.
  1. Memiliki slot pengeluaran untuk investasi
Jika Anda ingin aset keluarga Anda terus tumbuh, ada baiknya Anda mulai menyisihkan gaji Anda dalam slot investasi. Investasi apa saja yang cocok?dalam skala kecil, Anda dapat mencicil investasi murah seperti membeli emas, atau memutarkan uang Anda dalam produk simpan pinjam di BPR atau koperasi. Dalam jangka pendek, jenis investasi ini menguntungkan untuk Anda. Jika Anda memiliki slot dana yang lebih besar, investasi dalam bentuk properti dan tanah adalah investasi yang sangat menguntungkan.

Nah, mudah-mudahan tips ini berguna bagi Anda dalam mengelola keuangan keluarga Anda. Kami mendoakan, semoga keluarga Anda selalu dinaungi kesehatan, kesejahteraan, dan kebaikan. Aaamiin.