Catat!! Agar Tetap Berenergi Selama Puasa, Konsumsi Makanan Berikut ini


Catat!! Agar Tetap Berenergi Selama Puasa, Konsumsi Makanan Berikut ini
Saat Anda menjalankan ibadah puasa seperti pada saat bulan Ramadhan ini, perut akan diistirahatkan untuk kegiatan makan dan minum dari subuh hingga waktu maghrib. Untuk menjaga agar tubuh terus berenergi dan terhindar dari dehidrasi hingga matahari tenggelam, maka umat Islam perlu untuk menyantap makanan yang tepat pada saat sahur.
Seorang ahli nutrisi Nour El-Zibdeh membagikan tipsnya kepada Anda seperti yang dilansir dalam laman Buzzfeed pada Rabu (17/6/2015). Berikut ini tips makanan yang harus dikonsumsi selama berpuasa:
  1. Konsumsi Serat
    Pastikan dalam menu sahur Anda terdapat serat yang berfungsi agar merasa kenyang lebih lama dan menjaga usus tetap sehat. Sumber serat terbaik adalah kacang-kacangan, beras cokelat, biji-bijian, oatmeal, sayuran, buah beri, pir dan apel.
  1. Asupan Protein
    Protein dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan menunda rasa lapar Anda hingga waktu magrib tiba. Sumber terbaik protein yakni telur, yoghurt, kacang-kacangan, kedelai, ikan, dan ayam.
  1. Sumber Lemak Sehat
    Makanan ini membantu Anda kenyang lebih lama seperti avokad, kacang, selai kacang, zaitun, dan minyak zaitun. Jika bisa, hindari makanan yang digoreng saat sahur. Dan pebih baik makan makanan yang direbus.
  1. Buah
    Pilih buah asli dibandingkan jus buah yang kaya gula. Jatuhkan pilihan pada buah yang kaya serat yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ditambahkan pendapat dari Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof Hardinsyah bahwa buah yang kaya serat untuk sahur adalah stroberi, mangga atau jeruk.
  1. Air Putih
    Jangan lupa minumlah air putih minimal dua gelas saat sahur agar menjaga tubuh terus terhidrasi. Boleh juga tambahkan sayuran kaya air seperti timun, tomat, selada air.
  1. Madu
Madu sudah diakui khasiatnya baik oleh kalangan Muslim maupun non-Muslim. Madu juga merupakan makanan kesukaan tauladan umat Islam, yakni Rasulullahshalallahu ‘alaihi wa sallam. Jika Anda tidak terbiasa minum madu secara langsung, bisa juga dicampurkan dengan air putih.
Semoga info ini bermanfaat dan bisa menjadi sarana bagi Anda untuk lebih meningkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan ini.