Jangan Buang Komputer Apple Anda! Its Priceless!


Kemajuan teknologi sejatinya mendorong lahirnya produk-produk baru yang mengikis peran dari produk lama. Sebuah produk elektronik yang dibeli di tahun 1980 misalnya, akan bernilai 0 rupiah jika dijual di tahun 2015 ini. Namun, hal ini ternyata tidak berlaku pada sebuah produk komputer merk Apple. Dilansir oleh Mashable, seorang wanita misterius tanpa sengaja "membuang" sebuah kotak berisi perangkat PC yang sangat langka, Apple I. Usut punya usut, ternyata PC jadul tersebut ditaksir bernilai 100.000 dollar AS atau Rp 1,3 miliar.Wow!


Apple I adalah jenis komputer pertama yang dibuat oleh Apple. Perangkat tersebut dikerjakan langsung oleh Steve Wozniak, sang pencetus merk Apple, pada tahun 1976. Berdasarkan informasi, Apple I hanya dibuat sebanyak 200 unit dan menjadi buruan para kolektor.

Awalnya pada Senin (1/6/2015), wanita tersebut menyerahkan beberapa buah kotak berisi barang milik suaminya  yang baru saja wafat kepada CleanBay Area. CleanBay Area adalah sebuah perusahaan yang menerima barang bekas untuk dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali.

Ketika CleanBay Area mencoba meminta identitas kepada wanita itu, wanita itu menolak menyebutkannya secara terperinci. Ia menolak menyebutkan nama lengkap dan almat tempat tinggalnya. Tanpa identitas jelas, wanita itu juga menolak struk pajak penjualan yang disodorkan oleh CleanBay Area.

Walau begitu,  CleanBayArea tetap menerima barang bekas tersebut. Selama dua minggu, CleanBay Area sama sekali belum menyentuh barang-barang milik wanita tersebut. Setelah melakukan penyortiran, alangkah kagetnya seorang pekerja di CleanBay Area setelah menemukan komputer Apple I sebuah produk PC sangat langka buatan Apple.

"Kami benar-benar tidak memercayai mata kami. Kami awalnya berpikir bahwa itu palsu," kata Victor Gichun, Vice President CleanBayArea.

Perusahaan itu pun akhirnya memilih melelang barang tersebut kepada orang yang layak. Appel I bekas tersebut akhirnya terjual dengan nilai  200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,6 miliar).


CleanBayArea pun beri’tikad baik untuk membagi hasil lelang Apple I tersebut dengan wanita misterius pemilik komputer langka itu. "Kami mencari dia untuk memberikan 100.000 dollar AS," kata Gichun. Gichun mengaku masih ingat dengan jelas wajah pemilik barang bekas tersebut.