Menarik! Ini Hadiah dari Pemerintah Finlandia untuk Para Calon Orang Tua!


Menantikan kelahiran bayi bagi pasangan suami istri adalah hal yang paling menegangkan. Sebelum memasuki tahap persalinan, calon ayah dan ibu tentu disibukkan dengan memilih klinik atau rumah sakit yang akan dituju saat persalinan nanti. Berbagai jaminan kesehatan, serta persiapan perlengkapan bayi tentu perlu dicicil sejak awal agar semuanya bisa langsung digunakan ketika bayi sudah lahir.

Di Indonesia sendiri, peristiwa kelahiran bayi sendiri biasanya dirayakan dengan mengadakan kenduri atau akikah serta pemberian hadiah dari teman atau kerabat kepada orang tua si bayi. Namun, di Finlandia, hal ini ternyata dilakukan oleh pemerintahnya sendiri loh!Wow!

Ya, di Finlandia, permasalahan maternity dan mortalitas menjadi fokus perhatian pemerintah. Oleh karenanya, mereka memfokuskan gerakan ini dengan memberikan hadiah kepada orang tua bayi. Ada dua pilihan hadiah : yang pertama uang sejumlah 140 Euro, atau sebuah kotak yang disebut Maternity Packages.



Dari dua pilihan itu, sebagian besar orang tua memilih kotak yang ke-2. Jika dilihat isinya, kotak yang ke-2 memang lebih bermanfaat dari kotak pertama. Kotak ini berisi aneka perlengkapan bayi dari mulai pakaian, selimut, popok, peralatan tidur, hingga produk perawatan bayi. Tentu saja hal ini lebih bermanfaat dibanding uang tunai.

Keberanian dan perhatian pemerintah Finlandia dalam menjalankan produknya ini tentu patut diacungi jempol. Bayi harus dilindungi sejak dini dari gangguan kesehatan sehingga perlindungan dan jaminan kesehatan terhadap bayi harus terus digalakkan. Bagaimana menurut Anda jika program serupa digagas di Indonesia?