Kemusyrikan Paranormal. Ini sinyalnya (Bagian-2)



Dukun Santet

Kedua, setan mengabarkan sesuatu yang terjadi di tempat-tempat lain yang tidak bisa diketahuinya secara langsung, baik dekat maupun jauh. Yang demikian tidaklah mustahil keberadaannya.

Ketiga, ahli nujum. Untuk jenis ini, Allah menciptakan kekuatan tertentu pada diri sebagian manusia. Akan tetapi, kebohongan di dalamnya biasanya lebih dominan.
Di antara jenis ilmu seperti itu adalah ilmu ramal, pelakunya disebut peramal atau paranormal. Biasanya, orangnya mengambil petunjuk dari premis-premis dan sebab-sebab tertentu untuk mengetahui persoalan-persoalan tertentu, serta didukung dengan perdukunan, perbintangan, atau sebab-sebab lain.

Kesemua jenis inilah yang identik dengan perdukunan. Syariat sangat menentangnya. “Jangan datangi dan percayai kata-kata mereka,” kata Izzat.  

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Sinar Islam, Sukabumi, Veri Muhlis Arifuzzaman, kepada Republika, Selasa (16/4), menegaskan, praktik-praktik perdukunan kerap bertentangan dengan nas syariat dan akal sehat.

Dengan menakar kesesuaian praktik tersebut dengan kedua hal itu, bisa diukur sejauh mana tingkat kelurusan atau kesyirikan seorang paranormal.
Redaktur : Damanhuri Zuhri
Erdy Nasrul