Bercinta Ternyata Bisa Sehatkan Mental


Dalam menjalankan kehidupan rumah tangga, keharmonisan pasangan suami istri tentu adalah hal yang utama. Keharmonisan ini dapat dijalin dengan komunikasi yang saling terbuka antar pasangan. Komunikasi ini dapat dilatih dengan menjalankan berbagai aktivitas secara bersama, salah satunya adalah bercinta. Sudah hal yang lazim bahwa bercinta secara rutin antara suami istri dapat meningkatkan ikatan batin sekaligus mempererat rasa pengertian. Namun, tahukah Anda bahwa bercinta juga bisa menyehatkan mental loh?
Yah, berdasarkan penelitian para pakar, terdapat perbedaan yang mendasar antara keinginan melakukan hubungan intim antara wanita dan pria. Pria memiliki kecenderungan menjadikan seks sebagai pelampiasan hasrat. Berbeda dengan pria, wanita justru memilih seks sebagai sarana untuk melampiaskan hasrat dan keinginan emosional terhadap pasangannya. Walau terdapat perbedaan yang mendasar, ternyata kedua hal tersebut bisa membuat kesehatan mental pasangan suami istri menjadi meningkat. Beberapa hal yang terbentuk akibat hubungan bercinta adalah :

>>Memunculkan emosi positif
Bercinta bagi pasangan suami istri menumbuhkan emosi positif. Hal ini dikarenakan adanya rasa percaya diri pada keduanya karena merasa mampu membahagiakan pasangannya. Bercinta  juga menumbuhkan rasa kepercayaan pada pasangan.

>>Membuat pasangan menjadi lebih dekat
Bercinta menumbuhkan rasa kedekatan serta rasa ragu. Lazim dalam kehidupan rumah tangga, perasaan cemburu, ragu serta kesal kerap kali timbul. Hal ini tentu sulit disembuhkan jika tidak ada keterbukaan antara keduanya. Pada saat bercinta, biasanya pasangan akan lebih jujur terhadap segala hal sehingga kedekatan kembali muncul



>>Menghilangkan tekanan batin

Bercinta secara rutin dapat melepaskan diri dari beban perasaan maupun hal-hal yang tidak membahagiakan. Menurut psikolog jelas Psikolog Reena Kapur, saat bercinta, pasangan secara otomatis akan mengambil napas dalam-dalam. Seks juga melibatkan sentuhan fisik dan hormon yang dilepaskan ketika saat melakukannya akan membuat kedua pasangan menjadi lebih tenang.