Hati-hati Penyakit Ghaib!! Hanya Bisa Sembuh Dengan Manfaat Ruqyah



Ruqyah merupakan salah satu metode penyembuhan yang dilakukan terhadap orang sakit. Sakit disini bukan sakit yang sembarangan. Sakit yang diatasi dengan rukiah sakit yang diakibatkan beberapa alasan seperti sengatan hewan berbisa, sihir, kerasukan atau kesurupan, gangguan jin, gila, dan berbagai jenis kondisi kesehatan lainnya.

Proses penyembuhan dengan cara ruqyah yaitu menggunakan bacaan ayat suci Al-Qur’an.  Secara syariat ruqyah merupakan do’a-do’a atau bacaan-bacaan yang bersumber pada ayat-ayat Alqur’an. Manfaat ruqyah sendiri yaitu untuk meminta pertolongan dari Allah SWT dalam mengobati penyakit yang diderita manusia.

Menurut syariat islam ruqyah terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Ruqyah Syar’iyah
Ruqyah Syar’iyah yaitu metode pengobatan yang dilakukan dengan penggunaan manfaat membaca Al-quran. Pada ruqyah syar’iyah sang tabib akan melantunkan ayat-ayat yang berasal dari Al-Qur’an. 

2. Ruqyah Syirkiyah
Ruqyah syirkiyah adalah metode pengobatan yang tidak diperkenankan dan diajarkan dalam agama islam. Pada ruqyah ini dilakukan dengan metode pembacaan mantra seperti dukun.

Segala sesuatu yang dilakukan atas petunjuk dari ajaran Allah SWT akan bersumber pada kebutuhan manusia. Hal ini seperti manfaat ruqyah yang tidak hanya bermanfaat dalam agama. Ruqyah juga bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang terdapat dalam ruqyah yaitu :
1. Dapat Mengusir Roh Jahat
Abdul Khalik Al-Atthar mengatakan manfaat ruqyah yang terdapat dalam bukkunya yaitu bisa membantu untuk menolak dan membentengi diri seseorang dari gangguan setan dan sihir jahat.

2. Bisa Menyembuhkan Penyakit Luar Dalam
Penyembuhan dengan metode ruqyah mampu menyembuhkan penyakit pada manusia dengan membaca ayat Al-Qur’an sebagai permohonan untuk kesembuhan pasien. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dossey yang berasal dari Universitas di Texas mengungkapkan bahwa do’a dapat membantu mengendalikan sel-sel kanker, sel-sel darah merah, enzim, bakteri, dan jamur dalam tubuh.

Bentuk Bacaan Yang Digunakan Dalam Ruqyah diantaranya adalah :
•    Surat Al-Fatihah.
•    Surat Al-Baqarah, ayat 1-5, 254-257 dan 284-286.
•    Surat Ali-Imran ayat 1-9 dan ayat 18-19
•    Surat An-Nisa ayat 115-121
•    Surat Al-A’raf ayat 54-55
•    Surat Al-Mu’minun ayat 115-118
•    Surat Yasin ayat 1-12
•    Surat As-Shaffat ayat 1-10
•    Surat Ghafir ayat 1-3, dan masih banyak lagi.

Dan Beberapa bentuk do’a yang dianjurkan dalam ruqyah antara lain :
1. Ya Allah, Rabb bagi semua manusia, hilangkanlah rasa sakit, berilah kesembuhan, Engkau zat yang menyembuhkan tiada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tiada menimbulkan sakit sedikitpun.
2. Dengan nama Allah aku meruqyahmu dari kejahatan setiap jiwa atau pandangan orang yang dengki, Allah yang memberi kesembuhan padamu, dengan nama Allah saya meruqyahmu.
3. Saya mohon untuk kamu perlindungan kepada Allah dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan.
4. Dengan menyebut nama Allah yang dengan keagungan nama-Nya itu menjadikan sesuatu tidak berbahaya baik yang ada di langit atau di bumi, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
5. Membaca Ayat Kursi pada saat akan tidur dan setelah salat fardhu. Selain itu juga membaca surat Al-Falaq, Al-Nas dan Al-Ikhlash setiap kali selesai  salat subuh, salat maghrib, dan pada saat menjelang tidur.