Waduh ! Cahaya Lampu Bisa Bikin Tubuh Jadi Gemuk Loh! Ini Penyebabnya!


Memiliki tubuh dan berat badan  yang ideal bagi para wanita tentu merupakan hal yang utama. Selain mempercantik penampilan dalam menggunakan berbagai jenis pakaian, bentuk tubuh yang ideal juga menjadi indikator kesehatan. Semakin ideal tubuh seseorang, maka semakin baik gizi serta penyerapan nutrisi dalam tubuh seseorang.
Namun, bentuk tubuh ideal bagi wanita saat ini bisa menjadi sebuah mimpi belaka. Apalagi, bagi para wanita yang aktif bekerja di dalam ruangan. Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa cahaya lampu bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Waduh, kok bisa?


Penelitian ini dilakukan r Patrick C.N. Rensen, kepala penelitian endokrinologi di Leiden University Medical Center, Belanda, seperti dilansir situs News Australia. Melalui media tikus, penelitian ini menemukan bahwa tikus yang terpapar cahaya lampu selama 16-24 jam kehilangan lemak sehat yang disebut sebagai brown adipose tissue (BAT). Lemak ini merupakan jenis lemak sehat yang berfungsi menyerap kelebihan lemak dari dalam tubuh. Hasil penelitian ini juga menunjukkan, tikus yang terpapar cahaya lampu menjadi 21 persen lebih gemuk dari sebelumnya. BAT ini juga sangat terpengaruh oleh aktivitas kita sehari-hari. Ketika tubuh masih melakukan kegiatan secara intensif, BAT tidak bekerja secara aktif. BAT baru akan bekerja ketika tubuh sudah mulai beristirahat total melalui tidur.





Dari penelitian ini, sebaiknya kita membatasi aktivitas-aktivitas di dalam ruangan yang tersinar oleh cahaya lampu. Ada baiknya ketika sudah selesai bekerja, Anda meninggalkan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan cahaya lampu. Tinggalkan gadget atau ponsel Anda dan matikan lampu ketika Anda beranjak tidur. Dengan melakukan pola hidup sehat seperti ini, niscaya berat badan Anda akan tetap terjaga.