Ingin Membangun Rumah Dengan Murah dan Efisien? Ini Tipsnya!


Memiliki rumah pribadi atau merenovasi rumah yang sudah ditinggali bertahun-tahun tentu merupakan impian setiap orang. Perawatan rumah perlu dilakukan untuk meremajakan material serta disain bangunan yang sudah ketinggalan jaman. Namun, tentu untuk mencapai hal itu bukan perkara yang mudah dan murah. Seringkali, keterbatasan anggaran serta tingginya harga bahan bangunan membuat pemilik rumah urung melakukan renovasi.



Nah, sebetulnya dengan sedikit tips dan langkah, Anda tetap bisa kok membangun atau merenovasi rumah dengan biaya yang terbatas. Ini tipsnya :

1.      >> Belanja material bangunan di beberapa tempat
Saat ini di jalan-jalan besar dan protokol terdapat berbagai macam supermarket bahan bangunan. Produk dan diskon yang ditawarkan sangat menarik. Walau begitu, jika Anda ingin menghemat anggaran, sebaiknya berbelanjalah di beberapa tempat. Belanja material di satu tempat saja akan menyulitkan Anda karena bisa jadi barang yang ditawarkan tidak tersedia sehingga toko tersebut harus memesan terlebih dahulu barang yang dibutuhkan.

2.      >> Gunakan jasa borongan untuk pekerjaan besar
Walau membayar buruh bangunan dengan harian terkesan murah dan tidak terikat, tetapi untuk pekerjaan renovasi atau membangun rumah dalam skala besar sangat disarankan untuk menggunakan jasa borongan. Hal ini dikarenakan buruh yang bekerja secara borongan akan bekerja lebih cepat serta hasil pekerjaannya dapat dipertanggungjawabkan jika tidak sesuai keinginan.

3.      >> Jangan terfokus pada RAB
RAB atau Rencana Anggaran Biaya seringkali menjadi patokan seseorang saat melakukan belanja material bangunan. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pekerja atau jasa borongan yang akan Anda gunakan. Mereka akan merekomendasikan atau meminta jenis-jenis bahan tertentu yang tidak kita rencanakan sebelumnya.

Nah, 3 tips di atas mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan renovasi atau membangun rumah. Bekerja secara efisien dengan hasil maksimal tentu menjadi dambaan kita semua. Salam.