Kenali Manfaat Air Hujan Dalam Kehidupan



Presipitasi atau sering disebut dengan hujan adalah salah satu kejadian alam yang melibatkan kondensasi air di udara. Ketika udara tidak bisa lagi menahan beratnya air maka air akan jatuh ke bumi dalam beberapa bentuk seperti hujan es, hujan air, maupun hujan salju. Hujan merupakan salah satu bagian yang tidak akan pernah mengalami akhir, karena manfaat air hujan merupakan bagian dari sebuah siklus air.

Pada saat air jatuh dalam bentuk hujan, nantinya air tersebuat akan mengalami proses penguapan dan akan tersimpan oleh awan. Pada saat awan tak bisa lagi membendungnya, air yang telah menguap tadi akan jatuh kembali ke bumi dalam bentuk hujan. Begitulah proses siklus air yang akan terus menerus berulang.

Manfaat curah hujan yang tinggi juga membawa berbagai macam keuntungan  terhadap sistem cuaca bumi, musim, serta kelangsungan hidup semua makhluk di bumi termasuk manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan, diantaranya adalah :


1. Mineral Alami Akan Kembali Ke Tanah
Menurut seorang konsultan dari Garden Place bernama BJ mankin menyatakan bahwa air hujan dapat membantu menempatkan mineral alami kembali ke tanah. Pada saat musim kemarau, persediaan air di beberapa daerah akan berkurang, bahkan habitat yang ada di wilayah tersebut mengalami kesulitan untuk mendapatkan air. Sebagaimana kita tahu bahwa air merupakan element penting bagi kehidupan makhluk di bumi.

Jika air tidak ada, maka hal tersebut dapat mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup. Manfaat curah hujan yang tinggi dapat membantu mengurangi resiko tersebut, yaitu dengan mengembalikan kembali mineral-mineral dalam tanah. Selama musim kemarau kandungan senyawa tersebut berkurang secara drastis dan telah berdampak pada kelangsungan hidup makhluk disekitarnya.

2. Sumber Air Para Petani
Manfaat curah hujan yang tinggi dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani, mereka tak perlu bersusah payah untuk mencari sumber pengairan untuk mengaliri lahan-lahan mereka. Hal ini akan lebih menghemat tenaga dan juga biaya. Selain itu, curah hujan yang tinggi juga dapat bermanfaat untuk mempercepat proses tanam di lahan-lahan pertanian, karena air hujan dapat membantu menggemburkan tanah. Hal ini memudahkan untuk melakukan pengolahan lahan, seperti dibajak maupun saat dicangkul. Hal ini akan membawa manfaat hemat tenaga.

3. Cadangan Air Saat Musim Kemarau
Saat musim kemarau ada beberapa daerah yang akan mengalami kekeringan yang terjadi dalam waktu yang ckup panjang. Seperti penjelasan di atas bahwa kemarau yang panjang akan membawa dampak negatif bagi kehidupan sekitarnya, seperti kematian bagi beberapa spesies tanaman. Selain itu sumber air untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat juga akan sangat terbatas. Aktivitas seperti mencuci, memasak, mandi, dan lain sebagainya akan terganggu. Saat kemarau mereka harus bersusah payah untuk mendapatkan air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya tingkat curah hujan yang tinggi pada wilayah tersebut kondisi seperti ini bisa teratasi.

4. Sumber air minum yang baik untuk kesehatan
Air hujan merupakan salah satu sumber air yang sehat karena berasal dari air murni tanpa bahan-bahan campuran berbahaya seperti klorin. Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan air yang kita minum merupakan air yang berasal dari air ledeng dan memiliki kandungan zat klorin yaitu sebuah zat yang digunakan untuk menghilangkan kuman penyakit yang terdapat dalam air ledeng.
 
Beberapa studi telah menyatakan bahwa kandungan klorin yang terdapat dalam air dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti terjadinya kanker kandung kemih, dubur, serta kanker usus besar. Selain itu, klorin juga dapat menyebabkan cacat lahir, kelainan otak, kelainan urat saraf tulang belakang, kelahiran prematur, kurang berat saat proses kelahiran, bahkan meningkatnya resiko keguguran. Hasil studi lainnya juga menunjukkan bahwa klorin dapat merusak ginjal dan hati hewan peliharaan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat yang terkandung pada air hujan. Semoga blog ini beranfaat buat kita semua.