Mau Memasak Beras Merah Enak! Ini Tips Terbaik




Beras merah adalah beras yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Beras merah juga dianggap sebagai beras yang paling menyehatkan tubuh manusia. Beras merah memiliki kandungan nutrisi bermanfaat yang sangat banyak. Dan Beras merah juga mengandung banyak serat, mineral, vitamin serta beras yang memiliki kandungan gula yang rendah.

Namun, beras merah memiliki rasa yang tidak senikmat beras putih yang biasa anda konsumsi. Dan beras merah memiliki tekstur yang cukup keras sehingga perlu dilakukan cara tersendiri untuk menjadikan teksture beras yang lebih nikmat dan lembut.

Berikut saya akan memberikan tips mengilah beras merah agar menjadi lebih lembut dan enak.
1. Cucilah beras merah sampai bersih. Lakukan pencucian yang berulang kali.
 
2. Gunakanlah penanak nasi yang manual, jangan masak beras merah pada penanak nasi listrik. Karena menanak nasi menggunakan enanak nasi manual dan menanak nsi menggunakan penanak nasi listrik memiliki teksture kelembutan yang berbeda. 

3. Setelah dicuci bersih, masukkan beras merah kedalam panci kemudian tambahkan air bersih dengan perbandingan 1:4 atau 1 gelas beras dan 4 gelas air.

4. Sebelum melakukan penanakan, rendam terlebih dahulu beras  merah  setidaknya 30 menit sebelum memasaknya.

5. Hidupkan kompor dan mulai menanak beras merah step by step.

6. Aduk-aduk sebentar dan tutup panci agar air mendidih sempurna.

7. Buka penutup panci dan masak nasi dengan api sedang sambil sesekali diaduk sampai air habis atau beras sudah setengah matang.

8. Tiriskan beras dan kukus kembali beras kedalam dandang.

9. Tunggu hingga beras menjadi matang. Setelah nasi matang, tambahkan garam agar beras terasa lebih gurih.

Selamat mencoba.