Mendidik Anak Secara Islami Agar Memiliki Iman Yang Kuat



Memiliki buah hati adalah impian setiap keluarga. Dan mendidik buah hati untuk menjadi pribadi yang baik serta memiliki iman yang kuat merupakan salah satu tanggung jawab terbesar orang tua. Orang tua bertanggung jawab untuk mendidik dan memberikan pendidikan keimanan agar memiliki akhlak yang baik, pendidikan fisik, pendidikan intelektual, pendidikan social dan pendidikan seksual.
 
Pendidikan iman yang diajarkan untuk anak-anak membentuk pribadi anak dengan dasar rukun-rukun islam yang diajarkan secara syar’i. orang tua bertugas untuk mengajarkan buah hatinya agar mengerti dan berima kepada Allah SWT, beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, beriman kepada malaikat dan rasulNya, serta beriman kepada hari kiamat.
 
Dan orang tua juga wajib mengajarkan buah hatinya untuk menjalankan rukun islam seperti Shalat, berpuasa pada bulan ramadhan, dan lainnya yang berhubungan dengan peraturan yang ada dalam ajaran islam.
 

Tidak mudah memang untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan syariat islam. Dalam blog ini saya akan memberikan sedikit masukkan agar buah hati tercinta mendapatkan pendidikan sesuai dengan kosep yang Rasulullas SAW ajarkan.

1. Ucapkan kalimat La ilaha illallah Saat Buah Hati Lahir

Kumandangkan adzan pada telinga kanan dan kumandangkat iqamah pada telinga kanan saat buah hati lahir kedunia. Hal ini merupakan langkah awal agar buah hati mendapatkan penanaman pendidikan awal yang berdasarkan akidah serta tauhid.

2. Berikan Pengertian Mengenai Hukum Halal Dan Haram
Hal ini dapat dilakukan saat buah hati sudah beranjak pada usia remaja. Orang tua wajib memberikan gambaran kepada buah hatinya mengenai sesuatu yang menyangkut hokum-hukum pada ajaran islami. Memberikan pembelajaran mengenai hal-hal apa saja yang dilarang oleh ALLAH SWT dan hal yang diperbolehkan oleh ALLAH SWT.

3. Memberikan Pembelajaran Untuk Beribadah Dari Usia Dini

Hal ini tercantum pada hadist yang berbunyi “Suruhlah anak-anakmu menjalankan ibadah shalat jika mereka berusia tujuh tahun.  Dan jika mereka sudah berusia sepuluh tahun, maka pukullah mereka jika tidak mau melaksanakan shalat dan pisahkanlah tempat tidur mereka.”(HR. Al Hakim dan Abu Dawud dari Ibn Amr bin Al-Ash ra.).
Untuk membiasakan buah hati dalam melaksanakan ibadah shalat merupakam hal yang tidak mudah. Namun dengan membiasakan buah hati agar bisa secara disiplin menjalankan ibadah akan membuat buah hati memiliki keimanan yang kuat. Insya Allah.!

4. Memberikan Pembelajaran Untuk Mencintai Rasul
“Didiklah anak-anak kamu pada tiga perkara: mencintai nabi kamu, mencintai ahli baitnya dan membaca Al Quran.  Sebab orang-orang yang memelihara Al Quran itu berada dalam lindungan singgasana Allah pada hari tidak ada perlindungan selain daripada perlindungan-Nya beserta para Nabi-Nya dan orang-orang yang suci.” (HR. Ath-Thabrani dari Ali ra).
Pentingnya mengajarkan serta menghafalkan Al Quran kepada buah hati. Dan Al Quran merupakan salah satu syiar ad din yang dapat menguatkan aqidah dan meresapkan keimanan pada buah hati.

5. Memberikan Pelatihan Agar Merasa Khusyu Takwa Serta Ubbudiyah kepada Allah SWT
Ini merupakan cara yang baik untuk membentuk pribadi buah hati serta membuka jiwa mereka. Memberikan pelatihan serta membiasakan buah hati untuk khusyu dalam menjalankan ibadah shalat, merasa bersedih dan akan menangis saat mendengar seseorang membacakan ayat suci Al-Qur’an. Pembelajaran ini dilakukan saat buah hati sudah paham bagaimana untuk meresap dan mempelajari.

6. Memberikan Pandangan Agar Selalu Ingat Kepada Allah SWT
Buah hati juga harus diberi pandangan agar selalu ingat pada Allah SWT saat dimana saja, dalam kondisi apa saja. Pendidikan ini dapat diberikan dengan cara perbuatan yang positif, pemikiran yang baik dan perasaan yang baik pula. Dengan memberikan pembelajaran mengenai ini secara tidak langsug buah hati juga mendapatkan pembelajaran untuk ikhlas dalam melakuka sesuatu dan melakukan suatu hal hanya karna Allah SWT.

7. Memberikan Pengertian Dalam Menjaga Diri Dari Hasad Serta Iri Dengki

Berikanlah penjelasan kepada buah hati agar menjauhkan sifat hasad serta iri dengki terhadap orag lain. Karena sifat ini merupakan sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT.Demikianlah penjelasan dari saya mengenai pendidikan buah hati agar menjadi anak yang Shaleh dan Shaliah. Walaupun berat untuk menjalankannya, tetapi yakinlah karena itu demi kebaikan buah hati tercinta.