Menghasilkan Kaldu Sehat Dengan Tips Sederhana



Kaldu merupakan bahan yang sering digunakan dan menjadi bahan pertama untuk melengkapi masakan Soup. Kaldu merupakan rempah yang terbuat dari sari yang terdapat pada daging, tulang dan syur mayor yang diperoleh dari rebusan bahan-bahan tersebut.  Karena kaldu merupakan bahan yang penting saat pembuatan soup maka kaldu yang sehat adalah pilihan utama agar menjaga kesehatan keluarga dan kenikmatan rasanya.

Kaldu terbagi menjadi dua bagian yaitu kaldu yang diperoleh dari bahan hani dan kaldu yang diperoleh dari sayur mayur. Kaldu hewani dapat diperoleh dari daging sapi, tulang iga sapi, kaki sapi, ayam dan ikan. Kaldu yang diperoleh dari sayur mayur disebut dengan kaldu nabati. 

Jenis kaldu yang diperoleh dari bahan hewani mengandung berbagai kandungan yang bisa mengganggu kesehatan manusia. Hal ini bisa diatasi dengan beberapa tips. Dalam blog ini saya akan membagi tips untuk memperoleh kaldu yang terbaik, harum dan rasa yang nikmat.
  • Cara pertama yaitu gunakan perbandingan air 1:1 antara air dengan tulang / daging. Rebus daging dalam kondisi api yang tidak besar selama ½ jam sampai 2 jam. Setelah itu ambil busa-busa yang mengapung pada permukaan kaldu dengan menggunakan sendok.
  • Cara kedua dengan menambahkan bahan sayuran seperti bawang Bombay, wortel, daun bawang, tangkai seledri dan rempah-rempah lainnya kedalam rebusan kaldu.
  • Cara ketiga apabila anda membuat kaldu ikan atau udang beri tambahkan jahe atau air jeruk nipis pada rebusan kaldu untuk mengurangi aroma yang amis. Rebus dengan ukuran api yang sedikit kecil dan jangan sampai lebih dari 1 jam. Saat kaldu direbus, hindari pengadukan karna kaldu akan menjadi keruh.