TERNYATA Kandungan Gizi dalam tempe bisa mendukung Proses Diet Anda!!


Tempe, makanan hasil fermentasi yang terbuat dari biji kacang kedelai khas nusantara dikenal enak dan gurih. Tak hanya menjadi bahan makanan favorit orang Indonesia saja. Berdasarkan laporan Live Strong, tempe kini juga mulai digemari oleh penduduk di Amerika Utara dan seluruh Asia.

Jika Anda ingin memiliki aktivitas pencernaan yang lancar, tempe bisa menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan. Karena, proses fermentasi tempe ternyata telah menetralkan asam phytate yang terdapat dalam kedelai. Dimana, asam phytate dapat membatasi penyerapan mineral dalam tubuh Anda.


Kaya Protein

Departemen Pertanian di Amerika Serikat merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi tempe pada saat masa diet. Tempe dengan ukuran 1 cangkir mengandung 31 gram protein. Dimana 55 persen direkomendasikan untuk asupan bagi laki-laki, dan 67 persen untuk perempuan.

Sarat Zat Tembaga dan Manganese

Tahukah Anda bahwa tempe juga mengandung zat kimia alami seperti tembaga (Cu) dan manganese (Mn)? Kedua mineral inilah yang mendukung penyembuhan luka dan meningkatkan sintesis kolagen. Spesifiknya, Manganese berperan untuk membersihkan glutamat dan racun dalam saraf otak. Sementara tembaga meningkatkan proses komunikasi pada sel otak.

Adapun kandungan tembaga dalam satu porsi tempe adalah sebanyak 930 mikrogram tembaga dan 2,2 miligram manganese. Dimana, dari keseluruhan kebutuhannya, para ahli gizi menyarankan Anda untuk setidaknya mengonsumsi 1,8 miligram Manganese setiap hari, atau senilai 96 persen dari porsi tempe yang disajikan.

Riboflavin dan Niacin

Kandungan gizi dalam tempe lainnya yakni terdapat zat riboflavin yang berperan memelihara kulit dan mata dan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk metabolisme tubuh Anda. Sementara untuk asupan yang direkomendasikan adalah 55 persen untuk wanita dan 46 persen untuk laki-laki. Dimana, setiap satu porsi tempe mengandung setidaknya 0,6 miligram riboflavin.

Bagaimana dengan niacin? Sama halnya dengan riboflavin, niacin juga aktif untuk mengaktifkan fungsi metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan Anda. Asupan yang direkomendasikan bagi Anda yang sedang dalam masa diet, sebaiknya mengkonsumsi 31 persen bagi perempuan dan 28 persen bagi laki-laki. Dimana, satu porsi tempe ukuran 31 gram menyediakan setidaknya 4,4 miligra niacin.