Setelah ngoprek2 relay, starter, solenoid, alternator, kondeser dan kabel2. Saya malah baru sekarang belajar diagram kelistrikan G10 hahahahaha. Ngga apa-apa malah jadi ngerti diagramnya :) . Berikut diagram kelistrikan G10 :
Saya jadi tahu :
1. Ada kapasitor (kondenser atau kodensator) coil yang hilang :D . Gilaaaa mannn.. 2 thn pakai charade.. sudah dibawa mudik ke jawa.. ehhh ngga ada kodenser di coilnya :D . Dugaan saya sih kodenser ini buat bypass arus AC frekuensi tinggi agar lari ke ground, bukan ke distributor.
2. Tidak lihat fusible-link antara + accu dan delco. Ataukah sekering ini di dashboard?
3. Kenapa resistor di coil panas banget sesudah starter. Yah resistor ini memberikan jalan by pass agar pengapian bagus saat starter. Bypass ini didrive arus yang sama yang mendrive solenoid. Makanya panas bo... dialiri arus gede!.
4. Skematic dari rangkaian solenoid/switch. Nah kan solenoid itu relay juga.
5. Titik tap RPM meter saat tune-up karburator yaitu pada terminal masukan resistor di koil.
PR :
1. Pasang kondenser di coil. Nilainya sekitar 0.01 mF.
2. Mencari letak fuse 10 A. Kalau nggak ketemu yah pasang baru :) .
3. Mencari CHG lamp.
Untuk sistem listrik G10, G11 dan G11 Turbo lengkapnya adalah :