Ingin Membuat Cake Lezat, Ini Tips Yang Sempurna



Untuk menemani weekend anda bersama keluarga dengan menyajikan cake yang lezat akan menghangatkan suasana. Saya aka memberikan sedikit tips membuat cake yang lezat.
Hal yang harus dilakukan yaitu :

  1.  Jika anda ingin membeli bahan cake, kenali terlebih dulu bahan-bahan cake. Bahan untuk membuat cake terdiri dari telur, gula, tepung terigu, lemak (mentega / margarine), bahan pengembang serta oven yang akan dipakai.
  2. Gunakan peralatan pengocok telur yang kering dan bebas dari lemak. Pilihlah telur yang segar dan bersuhu ruang. Apabila anda baru membeli telur, simpan telur dalam kulkas dan biarkan sampai tidak dingin lagi.
  3. Istilah “kocok telur sampai mengembang” artinya gula dikocok bersama telur sampai kental dan pucat. Tandanya, adonan yang disendokkan akan meninggalkan jejak pada permukaan adonan. Bila jejak tersebut tidak segera hilang, berarti adonan sudah cukup kental.
  4. Mengocok mentega atau  margarine dengan telur tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Hal ini menyebabkan adonan tidak akan menyatu. Cara yang benar adalah dengan memasukkan telur satu persatu selama mentega atau margarine dikocok.
  5. Pakailah gula kastor atau caster sugar (gula pasir berbutir halus). Gula ini mudah hancur dan dengan cepat larut dalam adonan. Gula pasir biasa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk hancur. 
  6.  Mencampurkan terigu ke dalam adonan telur sebaiknya memakai sendok kayu. Jangan dikocok menggunakan mixer, walau kecepatan rendah sekalipun. Udara akan lari, sehingga adonan tidak mengembang sempurna. Bila diaduk dengan sendok kayu, udara akan diperangkap masuk ke dalam adonan.
  7. Lelehkan mentega / margarine dengan api kecil sampai sebagian besar meleleh. Segera angkat dan diaduk. Bila mulai dingin, tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk ringan.
  8. Lapisi loyang dengan margarine dan alasi dengan kertas roti kemudian oles tipis-tipis dengan margarine. Jangan tabur bagian dalam loyang dengan tepung terigu, karena akan menyebabkan terbentuknya lapisan yang mudah terkelupas sehingga cake menjadi tidak bagus.
  9. Jangan masukkan cake saat suhu yang dimaksud belum tercapai, cake akan bantat. Panaskan oven minimal 15 menit pada suhu yang diinginkan, setelah itu baru masukkan cake. Jangan membuka pintu oven pada 15 menit pertama supaya cake mengembang sempurna.
  10. Uji kematangan cake dengan cara menusuknya dengan lidi. Bila lidi masih basah, tandanya cake belum matang. Teruskan memanggang sampai cake benar-benar matang.