Ini Caranya Memanggang Dan Mengukus yg benar! akan menghasilkan aroma masakan yang lebih harum dan khas



Bagi Anda yg hobby memasak pasti suka tips-tips praktis ini, silahkan di coba:

Tips Memanggang :

1. Cara cepat membuat bara : ambil beberapa bongkah arang, bakar di atas kompor. Setelah menjadi bara, segera pindahkan ke tungku pembakaran. Letakkan bara di bagian bawah. Kipas sampai semua bara menyala. Memanggang makanan dengan arang akan menghasilkan aroma masakan yang lebih harum dan khas, dibandingkan memanggang makanan di atas api kompor atau di oven.

2. Panggang masakan dengan api besar, sambil dibolak-balik supaya matangnya merata. Memanggang dengan api kecil akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan mengakibatkan makanan menjadi alot/liat.

3. Selama proses pemanggangan makanan harus sering dioles dengan bumbu rendaman.

4. Jika kipas manual terasa berat gunakan kipas angin untuk mengipasi api cukup dengan volume sedang

5. Agar makanan tak menempel didasar pemanggang, campur bumbu dengan margarin atau minyak. Untuk ikan fillet dapat ditaburkan sedikit tepung dipermukaan ikan.

6. Kalau tidak ada alumunium foil untuk alas memanggang, gunakan daun pisang sebagai gantinya.

7. Bahan makanan tak perlu terlalu sering dibolak-balik terutama ikan agar kulitnya tidak terlepas.

Tips Mengukus :

1. Cara mengukus makanan yang benar adalah dengan memasukkan makanan setelah air mendidih. Tutup rapat, lalu masak dengan api kecil supaya aroma makanan tidak terbuang bersama uap air. Bila air pengukus habis, tambahkan air panas mendidih ke dalam dandang, agar uap tidak terputus dan masakan matang sempurna.

2. Jangan gunakan api besar untuk mengukus agar cake dapat matang sempurna dan hindari membuka tutup pengukus sebelum waktunya.  Jangan lupa untuk menutup permukaan kukusan dengan kain bersih agar uap air tidak jatuh mengenai kue.

3. Setelah 40- 50 menit biasanya kue sudah matang dan anda bisa mengeluarkannya dari kukusan.

*Sumber : www.facebook.com/resepkuelezat