Ketahui Waktu Terbaik Bersama Buah Hati





Bermain bersama buah hati merupakan waktu yang sangat ia senangi. Membuat buah hati merasa disayang saat-saat mereka ingin diperhatikan dan diajak bermain bersama. Berikut adalah waktu-waktu yang sangat bermanfaat untuk bersama buah hati di tengah-tengah kesibukan dan kesempitan waktu yang anda miliki, di mana pada waktu-waktu inilah kita dapat memperkuat jalinan kebersamaan dalam keluarga sekaligus menanamkan sendi-sendi penting kehidupan kepada anak, yaitu:

1. Saat Mendirikan Shalat Berjama'ah
Sesibuk apapun ktivitas anda usahakan agar anda bisa meluangkan waktu anda melaksanakan shalat berjama'ah bersama keluarga terutama buah hati. Mencuiptakan suasana keluarga yang nyaman dengan jalan Allah adalah hal yang sangat berharga ubtuk buah hati.

Sholat berjamaah tak hanya dapat meningkatkan nilai ibadah dan ketaatan keluarga kepada Allah Swt, tetapi juga dapat melatih kedisiplinan anak dan waktu setelah sholat juga dapat digunakan untuk memberi nasehat dan kultum kepada sang buah hati. anda juga dapat mengajak buah hati untuk mengaji bersama.

2. Saat Makan Bersama Keluarga
makan bersama akan menciptakan suasana yang hangat dalam keluarga. Dan biasanya ini dilakukan pada saat jam makan malam. Jika anda memiliki buah hati yang sudah berusia remaja dan sering beraktivitas di luar rumah segeralah buat perjanjian dengan sang buah hati agar hadir pada waktu makan malam bersama di rumah.

Gunakan waktu ini untuk mendiskusikan nilai-nilai yang akan diterapkan atau ditingkatkan di rumah, juga saling berbagi cerita dengan anggota keluarga. Anak juga butuh didengarkan meski apa yang mereka ceritakan mungkin tidak menarik bagi orang tua, karena bentuk perhatian sederhana inilah yang dapat mempererat komunikasi dan memperkuat jalinan kasih sayang antara orang tua dengan anak.

3. Waktu rekreasi
Sesibuk apapun anda berusahalah meluangkan waktu untuk melakukan rekreasi bersama buah hati minimal satu hari dalam seminggu. Rekreasi dapat dilakukan dengan cara yang hemat, misalnya pergi ke kebun binatang, mengunjungi museum, atau ke pantai dengan membawa bekal yang sudah disiapkan dari rumah.

4. Waktu melakukan pekerjaan rumah
Saat anda dan keluarga berada dirumah, lakukanlah pekerjaan rumah bersama untuk saling gotong royong agar kedekatan antara anda selaku orang tua tidak berjarak akibat komunikasi dan kekompakan yang kurang. lakukanlah pekerjaan rumah bersama seperti saat membereskan mainan buah hati yang berantakan, membersihkan rumah, memasak atau membuat kue. Tidak perlu menuntut anak-anak untuk menyelesaikannya dengan baik, karena apa yang penting adalah membangkitkan semangat kebersamaan dan keharmonisan dalam keluarga juga tanggung jawab anak terhadap pekerjaan di rumah.

5. Waktu berolahraga bersama
Ingin fisik sehat sekaligus hati gembira? Lakukanlah olahraga bersama sang buah hati misalnya jalan pagi, lari, bersepeda atau berenang. Andajuga bisa melakukan olahraga permainan seperti tenis meja atau bulutangkis. Berolahraga bersama anak-anak akan memberi tiga manfaat sekaligus : tubuh bugar, hati senang dan rasa kebersamaan antar anggota keluarga pun terjalin erat.

Demikianlah di antara waktu-waktu utama yang bisa anda gunakan untuk menjalin kebersamaan dengan sang buah hati. Semoga kita menjadi orang tua yang selalu ada dalam setiap tahap kehidupan anak-anak kita menuju kedewasaan, dan buah hati kita kelak akan menjadi generasi yang sholeh dan sholehah, bahagia serta selamat dunia dan akhirat. Amiiin.