Sayang Buah Hati!! Harus Perhatikan Asupan Nutrisi Mereka




Memiliki buah hati yang sehat dan tumbuh kembang yang baik merupakan impian dari semua pasangan suami istri. Orang tua memiliki cara tersendiri agar buah hatinya tetap sehat dan kuat. Dengan memberikan asupan makanan yang baik serta tambahan vitamin. Seua ini dilakukan untuk memperoleh gizi yang baik pada buah hati. Namun, terkadang kekhawatiran yang berlebihan membuat banyak orang tua merasa wajib dalam menambahkan suplemen untuk menyempurnakan vitamin buah hati.

Sesungguhnya apabila anak sudah mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang cukup tidak perlu ditambahkan dengan suplemen yang berlebihan. Hal ini diungkapkan oleh salah satu konsultan nutrisi dan penyakit metabolik, Dr. Yoga Devaera.

Dan menurut Dr. Budi Purnomo, SpA (K) nutrisi penting yang dibutuhkan anak terbagi menjadi dua yaitu makro nutrien dan mikro nutrien.  Makro nutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Mikro nutrien terdiri dari vitamin dan mineral, vitamin yang dibutuhkan anak adalah vitamin A, B1, B6, B12, C,D,E, dan K. Sedangkan mineral yang penting bagi pertumbuhan anak adalah zat besi, kolin, iodium, asam folat, seng, kalsium, kalium, dan juga magnesium.

Banyak orang tua yang masih bingung untuk memberikan nutrisi yang baik pada buah hati. Namun, ada cara mudah yang dapat dilakukan orang tua agar bisa mengetahui apakah cukup nutrisi yang terdapat pada buah hati. Berikut saya akan memberikan beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab untuk mengetahui kecukupan nutrisi buah hati.

  1. Apakah setiap hari anak mengonsumsi makanan dengan pola 4 sehat 5 sempurna? Jika tidak, berapa hari dalam seminggu anak mampu memenuhi pola tersebut?
  2. Apakah anak selalu dalam kondisi sehat? Jika tidak, gangguan kesehatan apa yang sering dialami anak?
  3. Apakah pertumbuhan tinggi dan berat badan anak normal? Jika mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan, apakah hal tersebut mempengaruhi aktivitasnya atau tidak?
  4. Apakah anak selalu terlihat aktif dan bersemangat? Atau sebaliknya, lebih sering terlihat lesu dan mengantuk?

Jawaban dari pernyataan diatas anda bisa menganalisa apakah buah hati mengalami gizi yang baik atau gizi yang buruk. Buah hati yang memiliki asupan dan gizi yang baik akan memiliki kondisi yang prima, kondisi fisik yang sesuai, aktif dan semangat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.