6 Jenis Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan




Sample Image
Inilah 6 Jenis Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan. Simak selengkapnya…
Sahabat Ummi, kehamilan merupakan anugerah yang terindah terutama bagi pasangan yang baru menikah. Meskipun terkadang ibu yang sedang hamil muda sering mengeluhkan beberapa kondisi kesehatannya. Diantaranya: anemia, lemas, dan mual. Keluhan-keluhan selama kehamilan membuat ibu merasa tidak menikmati masa kehamilannya padahal psikologi ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin.
Salah satu tanda dari kekuasaan Allah SWT adalah dengan diciptakannya beragam jenis buah dan sayur yang memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Diantara berbagai jenis buah-buahan, terdapat beberapa buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Mengkonsumsi buah-buahan tersebut tidak hanya menyehatkan sang ibu yang sedang hamil, namun juga baik manfaatnya bagi bayi yang dikandungnya.
Dan inilah 6 jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan:
1.Buah Kurma
Kurma adalah buah yang akrab bagi kaum muslim. Apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan. Buah kurma mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu juga mengandung kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium dan juga magnesium yang sangat baik untuk dikonsumis oleh ibu hamil. Kandungan zat besinya bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi kurma bagi ibu hamil sangat disarankan karena pada masa kehamilan sangat rentan terhadap anemia. Kalium yang terdapat dalam buah kurma juga mampu mengatasi kram saat kehamilan. Kurma juga memperkuat dinding rahim. Dan pada trimester akhir, buah kurma sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk memberikan asupan energy yang dapat memperlancar selama proses persalinan bayi.
2.Buah Manggis
Buah manggis memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam menjaga stamina tubuh selama seorang wanita menjalani masa kehamilan. Vitamin C juga akan berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit yang diakibatkan karena pertumbuhan janin yang terus membesar selama perkembangannya. Asam folat yang terkandung dalam manggis membantu mencegah bayi terlahir secara premature atau mencegah dari kelainan ketika bayi lahir. Juga terdapat kandungan mangan yang berfungsi untuk menjauhkan dari pengaruh radikal bebas. Mangan juga berfungsi dalam perkembangan tulang rawan pada janin.
3.Buah Alpukat
Kandungan asam folat dalam buah alpukat, kalium serta vitamin B kompleks yang terdapat di dalam alpukat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin selama kehamilan. Perkembangan otak sang bayi bisa ditunjang dari asupan asam folat yang terkandung dalam buah alpukat. Selain itu asam folat juga baik untuk membantu perkembangan tulang belakang sang janin. Kandungan vitamin B dalam alpukat bisa untuk mengatasi rasa mual dan muntah ketika masa kehamilan.
4.Buah Pisang
Pisang adalah sumber yang kaya vitamin B, C, kalium dan serat. Para ahli banyak merekomendasikan pisang pada ibu hamil, terutama selama trimester pertama, yang dapat membantu mencegah mual. Vitamin B6 dalam pisang membantu mempercepat pembentukan sel-sel darah merah serta membantu dalam mengembangkan otak dan sistem saraf sang bayi. Karena kaya akan serat, pisang membantu mencegah gangguan lambung dan memperbaiki pencernaan. Mengkonsumsi pisang juga membantu mencegah sembelit, masalah bagi kebanyakan wanita saat mereka hamil.
5.Buah Anggur
Banyak ibu hamil berpikir tidak aman untuk makan buah anggur. Namun, anggur kaya Vitamin A yang dapat menstabilkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Anggur juga memiliki folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan.
6.Buah Mangga
Mangga, salah satu buah yang lezat dan segar yang sebaiknya masuk ke dalam daftar buah-buahan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Mangga kaya akan besi, mangga membantu mengobati anemia selama kehamilan. Salah satu manfaat utama dari mangga adalah membantu melancarkan dan mengontrol peredaran darah. Mangga juga mengandung enzim yang dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah rasa mulas dan mual, yang merupakan masalah yang dialami semua ibu hamil.
Demikianlah 6 jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Semoga bermanfaat.