Hidup Sehat!! Kenali Manfaat Mengunyah Dengan Benar



Dalam kehidupan manusia membutuhkan makan agar tetap bertahan hidup. Untuk menghancurkan makanan, manusia wajib untuk mengunyah agar makanan bisa tercerna secara sempurna. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak memperhatikan hal ini.

Sebenarnya mengunyah dengan baik sangat membantu pencernaan. Namun kenyataannya masyarakat hanya dengan beberapa kali kunyahan kemudian menelan. Sesungguhnya mengunyah akan mendapatkan banyak dampak bagi kesehatan seseorang.

Beberapa bukti bahwa mengunyah dengan baik memiliki dampak pada kesehatan seseorang yaitu :

1. Makanan Akan Halus Dan Mudah DiSerap Enzim
Mengunyah makanan adalah kegiatan mekanis dan kimia yang terjadi pada rongga mulut. Mengunyah makanan secara mekanis adalah memecah molekul yang lebih besar menjadi partikel yang lebih kecil. Makanan menjadi lebih hangat dan lembut. Hal ini memberikan manfaat akan meningkatkan luas permukaan makanan sehingga menjadi lebih efisien dalam memecah enzim air liur.

2. Agar Makanan Terkena Air Liur
Mengunyah dengan lama sangat bermanfaat karena kunyahan makanan bisa tercampur dengan air liur. Saliva dalam air liur tidak hanya membantu untuk melumasi makanan, namun juga mampu mengurangi beban kerongkongan. Dan mengandung enzim yang yang berperan penting dalam proses kimiawi pada pencernaan. Semakin lama mengunyah, semakin banyak waktu untuk enzim ini membuat pencernaan lebih mudah dicerna pada perut dan usus kecil.

3. Melepaskan Otot Perut Bagian Bawah
Dengan mengunyah secara langsung akan berkaitan dengan pergerakan makanan yang dilalui saluran pencernaan yang berasal dari perut dan pindah ke usus kecil. Pada ujung bawah perut terdapat bagian otot yang disebut dengan  pilorus. Otot ini harus rileks agar makanan dapat mudah meninggalkan lambung dan masuk ke usus kecil. Dengan pengunyahan yang dalam serta air liur yang cukup akan membantu merilekskan pilorus.

4. Mengunyah makanan Secara Lama Menjadi Pemicu Sisa Proses Pencernaan
Mengunyah merupakan aktivitas yang dapat mengaktifkan sinyal pesan ke seluruh sistem pencernaan. Hal ini akan memicu mulainya proses pencernaan secara menyeluruh.

5. Penyerapan Nutrisi Menjadi Mudah
Mengunyah makanan adalah hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan. Karena mengunyah dapat memastikan makanan sepenuhnya dicerna dan hancur secara sempurna. Ini sangat bermanfaat karena tidak semua makanan dapat dicerna dalam perut. Mengunyah makanan dengan benar akan memungkinkan pemecahan semua makanan sehingga semua nutrisi yang ada dalam makanan masuk kedalam  tubuh.

6. Sistem Pencernaan Akan Sehat
Jika anda mengunyah makanan dengan sembarangan maka akan menjadikan sistem pencernaan yang tidak sehat. Pencernaan karbohidrat dimulai dengan enzim di dalam air liur kemudian berikatan secara kimia menghubungkan gula sederhana yang terdiri pati. Pada saat yang sama, tahap pertama pencernaan lemak juga dimulai di mulut dengan sekresi enzim oleh kelenjar yang terletak di bawah lidah. 

Air liur mengandung enzim pencernaan ini membuat sehingga semakin lama mengunyah akan semakin banyak waktu enzim ini harus mulai. Hal ini yang akan membuat pencernaan lebih mudah diproses pada perut dan usus kecil.

7. Mengurangi Gas Serta Sendawa
Dengan mengunyah lama secara langsung akan mengurangi bakteri pada usus. Dengan mengunyah makanan secara menyeluruh akan membuat sedikit bahkan tidak ada sama sekali pada bolus. Ini akan mengurangi gas gas, kembung, diare atau sembelit, maag, sakit perut dan kram.

8. Menghemat Energi Dalam Proes Pencernaan
Proses pencernaan membutuhkan banyak energi yang dihasilkan oleh tubuh. Tidak mengunyah makanan secara menyeluruh membuat bagian lain dari sistem pencernaan harus menggunakan lebih banyak energi dan bekerja lebih keras untuk memecahkan makanan. Partikel yang lebih kecil dari makanan dipecahkan dengan cara mengunyah memungkinkan membuat makanan bergerak melalui seluruh jalur pencernaan dengan lebih mudah. Pertama perut dapat bekerja lebih efisien dan lebih cepat untuk memecah makanan.

9. Menghindari Keracunan Makanan
Mengunyah makanan secara baik dan benar secara tidak langsung akan mengurangi terjadinya keracunan makanan. Karena air liur yang mengandung enzim atau lisozim berfungsi untuk menghancurkan patogen yang berasal dari makanan. Semakin lama anda mengunyah makanan maka akan semakin banyak enzim yang terkandung dlam makanan.
 
10. Menyerap Vitamin Dengan Sempurna

Dengan mengunyah secara baik dan benar secara langsung mempermudah dalam penyerapan vitamin yang berasal dari sumber makanan. Dan dengan mengunyah secara lama akan memperbaiki sistem pencernaan.

11. Mulut Akan Tetap Sehat
Mengunyah yang baik dan benar merupakan latihan yang bagus untuk tulang rongga mulut dan gigi. Hal ini juga membantu menjaga mulut dan gigi tetap kuat dan sehat.

12. Tubuh Dan Fikiran Akan Terasa Relax
Mengunyah yang baik pada  makanan akan merilekskan tubuh dan pikiran. Dengan mengunyah makanan secara lama secara tidak langsung anda meniknati makanan yang sedang dikonsumsi.

13. Mengurangi Rasa Lapar Yang Berlebih
Hal ini dapat membantu menghindari keinginan makan berlebih. Mengambil waktu untuk mengunyah makanan secara menyeluruh dapat memastikan bahwa makan tidak lebih dari cukup. Hal ini akan membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

14. Dapat Menurunkan Berat Badan
Sebuah studi menunjukkan bahwa mengunyah dapat membantu dalam penurunan berat badan. Mengunyah dapat membantu dalam menurunkan atau mempertahankan berat badan. Semakin lama mengunyah makanan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan makan. Maka seseorang akan cenderung makan lebih sedikit saat makan lebih lambat.

15. Menghindari Penyakit Diabetes
Manfaat mengunyah makanan lama sampai halus berikutnya adalah untuk mencegah diabetes yang sangat berbahaya. Membiarkan lambung dan usus memproses makanan / menggiling makanan terlalu lama akan memperbanyak penyerapan insulin dalam makanan tersebut dalam tubuh.
 
Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kelebihan gula dalam darah, kebanyakan dalam jangka panjang sangat berpengaruh pada tingkat terkena diabetes.