Jangan Tidur Dalam Kondisi Lampu Menyala! Ini Bahayanya!


Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup setiap hari. Istirahat yang paling baik bagi tubuh setelah lelah beraktivitas adalah tidur. Dengan tidur, tubuh dapat beristirahat total setelah lelah beraktivitas seharian.
Waktu tidur yang tepat akan membuat tubuh menjadi segar sehingga badan juga akan lebih sehat. Walau begitu,  ada beberapa yang cenderung mengabaikan waktu dengan melakukan kebiasaan begadang. Kurangnya waktu tidur dapat berakibat hilangnya konsentrasi dan gangguan kesehatan seperti stroke, obesitas, hipertensi, diabetes dan lainnya.

Nah, biasanya saat tidur, sebagian besar orang memilih untuk mematikan lampu. Alasannya?cahaya lampu yang menyilaukan membuat mata lelah dan sulit terpejam.Namun, ada  sebagian yang lain yang memilih tidur dalam kondisi lampu menyala. Alasannya, karena takut dan sulit memejamkan mata karena pandangan menjadi terbatas. Lalu, manakah yang lebih menyehatkan?

 Tidur dalam kondisi gelap mampu memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Adapun sebaliknya, tidur dalam kondisi lampu menyala bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius.  Ini beberapa bahaya tidur dalam kondisi lampu menyala :
•    Mengurangi kekebalan tubuh
Hormon melatonin adalah hormon kekebalan tubuh yang berfungsi menangkal datangnya penyakit berbahaya seperti kanker payudara, dan kanker prostat. Dalam kondisi terang, hormon ini akan berhenti berproduksi sehingga berpotensi membiarkan penyakit berbahaya menyerang tubuh Anda.
•    Munculnya gangguan kesehatan
Lampu menyala saat tidur menyebabkan gangguan jam biologis tubuh. Hal ini memicu tubuh mengalami gangguan kesehatan seperti: insomnia, diabetes,  penyakit kardiovaskuler dan gangguan metabolisme

•    Merangsang munculnya sel kanker
Bagi wanita, mematikan lampu sebelum tertidur dapat meminimalisir terjadinya risiko kanker payudara dan kanker usus.