Mau Tau Bahayanya Coca Cola dicampur Susu?




Kamu suka mencampur coca cola dengan susu? Enak ya rasanya? Iya keliatannya sih seger tapi taukah kamu bahwa ada bahaya mengintai dibalik segarnya minuman tersebut.

Susu yang dicampur soda dapat menyebabkan terbentuknya kalsium karbonat (CaCO3) karena susu kaya akan kalsium sedangkan soda mengandung karbonat dan jika disatukan akan bereaksi. Kalsium karbonat tersebut jika terus-menerus masuk kedalam tubuh akan mengendap di ginjal dan menyebabkan batu ginjal karena CaCO3 tidak dapat diserap tubuh dan sulit larut dalam air.

Selain itu saat minum soda tanpa campuran apapun, kalsium yang terdapat pada gigi dan tulang akan terkikis agar menyeimbangkan asam fosfor yang banyak terkandung dalam soda dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama kalsium yang telah terkikis tadi. Sehingga akan meningkatkan resiko osteoporosis.

Sebenarnya minum susu murni lebih sehat dari pada dicampur dangan minuman lain, karena dalam susu sendiri sudah banyak zat yang berguna bagi tubuh dan zat tersebut mudah rusak jika salah dalam penyajian. Di Cola dan susu ada yang namanya phosphoric acid alias asam fosfat. Tapi kandungannya lebih tinggi di Cola. Ketika ketemu sama susu yang pH-nya hampir netral, molekul asam fosfatnya langsung nempel sama susu sampai mereka jadi lebih padat dan terpisah dari cairan susu dan soda. Akhirnya jadi endapan di dasar botol.