Bahaya Angin Malam bagi Kesehatan


Bagi anak muda, bepergian di malam hari merupakan aktivitas yang menyenangkan. Ada banyak alasan tentunya kenapa anak muda lebih menyenangi bepergian di malam hari. Cuaca yang relatif sejuk, lalu lintas yang lengang, serta aneka sarana hiburan yang lebih variatif di malam hari membuat bepergian di malam hari adalah pilihan yang jadi prioritas utama.



Namun, bepergian di malam hari tentu bisa mengundang masalah. Kerawanan serta faktor kesehatan tentu harus jadi perhatian. Bagi Anda yang bepergian di malam hari, Anda perlu mewaspadai ancaman kesehatan yang mungkin terjadi. Ancaman ini datang dari angin yang berhembus di malam hari.

Angin yang berhembus di malam hari selain membuat tubuh menjadi kedinginan, namun juga berpotensi menganggu kesehatan. Hal ini disebabkan kelembaban udara di malam hari lebih tinggi daripada siang hari. Oleh karenanya, pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk berolahraga di malam hari.

Kelembaban udara yang tinggi ini bisa menyebabkan gangguan pernafasan seperti asma. Hembusan angin malam yang langsung menerpa rongga pernafasan menyebabkan fungsi pernafasan bekerja lebih berat dan memicu gangguan yang lebih berat.

Selain asma, penyakit lain yang berpotensi menyerang adalah paru-paru basah. Penyakit yang berada di jajaran penyakit mematikan ini bisa datang ketika kita melakukan aktivitas di luar ruangan pada saat malam hari.


Nah, jika memang Anda terpaksa bepergian di malam hari, pastikan Anda memakai jaket atau pelindung dada. Keduanya akan melindungi paru-paru Anda dari gangguan kesehatan. Gunakan juga penutup wajah agar hembusan angin malam tidak secara langsung menerpa wajah Anda. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi Anda yang sering bepergian di malam hari.